Kamis, April 30, 2009

Pengantar

Padudusan Alit Pura Samuan Tiga
Pada hari Minggu 10 Mei 2009 nanti di Kahyangan Jagat Pura Samuan Tiga akan berlangsung upacara Padudusan Alit. Upacara ini adalah upacara rutin yang dilaksanakan pada setiap Purnama Jiesta (Purnama 11) tetapi mengambil hari pada perhitungan tri wara Pasah yang terdekat dengan purnama Jiestha. Karenanya, upacara Padudusan di Pura Samuan Tiga bisa berubah pada tepat Purnama Jiesta, sebelum atau sesudah Purnama Jiesta.
Upacara padudusan ini oleh paruman ditetapkan berlangsung setiap tahun dengan pola bergantian berupa tingkatan Padudusan Agung pada setiap tahun genap dan Padudusan Alit pada setiap tahun ganjil.
Sebagaimana dengan catatan dokumentasi tentang pelaksanaan Karya Tawur Agung Panca Bali Krama lan Ida Bhatara Turun Kabeh ring Pura Agung Besakih, saya berniat meneruskan kegiatan tersebut dengan membuat dokumentasi upacara Padudusan Alit di Pura Samuan Tiga tahun ini. Kegiatan kali ini merupakan upaya memahami lebih dekat tentang Pura Samuan Tiga karena tahun depan saya bermaksud untuk membuat catatan lebih lengkap tentang Pura Samuan Tiga saat diselenggarakan upacara Padudusan Agung tahun depan.
Niat sudah bulat dan tulus, semoga diperkenankan oleh Ida Hyang Widhi.

1 komentar:

  1. Para sujana lan sujaneng Bali
    Mapan iriki ikanang sekta matemahan tiga
    Jastasmat kahyangan iriki mangaran
    Pura Samuan Tiga...

    Om Swastyastu,

    Terima kasih kepada Pak Made Widnyana yg tlah meluangkan waktunya berbagi pengetahuan tentang sejarah serta kegiatan piodalan di Pura Samuan Tiga. Sangat bermanfaat sekali bagi saya sendiri, mengobati rasa kangen medek kala patoyan Ida Bhatara ring Samuan Tiga.

    Om Çanthi,Çanthi,Çanthi Om

    Panjak Ida Bhatara ring bumi Pajajaran

    BalasHapus